me

me

Selasa, 09 November 2010

Megalitikum Terjan

Megalitikum Terjan
Terjan merupkan salah satu desa yang ada di kecamatan kragan kab. Rembang. kenampakan alam didesa ini pun sangat indah. Desa ini dipenuhi dengan background deretan perbukitan yang yang menbentang dari ujung barat, selatan, dan utara. Letak desa ini pun berada ditengah tengah desa lainnya.
Didesa ini terdapat suatu situs purbakala yakni situs megalitikum terjan.Namun situs ini terletak dipuncak bukit yang biasa dipanggil masyarakat sekitar, gunung “Selo giri” yang artinya “Selo” yang berarti batu. Sedangkan “giri” merupakan berdiri. Jadi selo giri diartikan batu yang berdiri karena disebelah depan gunung itu terdapat sebuah batu yang besar dan tinggi yang berdiri tegak. Dibatu inilah terdapat sebuah gua yang bernama “Watu Lawang”.
Ditempat ini kita dapat temukan batu batu besar hasil dari megalitikum. Megalitikum merupakan zaman batu besar. Karena hasil kebudayaannya adalah berupa batu batu besar yang dipahat menyerupai manusia ataupun hewan.
Gambar disamping merupakan salah satu Contoh batu yang menggambarkan kepala singa.
Menurut pahatan batu yang ada, batu batu disitus ini dibuat sebelum tahun 1922.



Situs ini perwatannya sangat minim sekali, sehingga banyak peninggalan yang tidak terawat dan banyak yang dicuri. Contohnya saja batu yang berbentuk kursi. Dahulu batu ini ada sekitar 60 buah, tapi berkurang menjadi 12 buah, lalu sekarang hanya tinggal 1 buah saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah berkunjung di blog ini ^_^